BI : Dana Masyarakat Di Bank Semakin Menurun PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 11 July 2017 01:42

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_uang2.jpgKantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mencatat dana pihak ketiga atau dana masyarakat yang tersimpan di perbankan semakin menurun. "Kami serius dengan stabilitasi keuangan nasional maupun regional di Maluku, dan berdasarkan asesmen BI Perwakilan Maluku untuk triwulan III dan IV tahun 2016 dan triwulan I 2017 kecenderungan dana masyarakat yang tersimpan di perbankan makin menurun," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Kamis (6/7).

Dia mengatakan salah satu penyebabnya adalah fenomena kekhawatiran dari nasabah perbankan untuk menempatkan dananya terkait akses informasi dari sistim pajak sekarang ini.

Bambang mengatakan, supaya tidak terjadi miskomunikasi atau salah presepsi di antara nasabah dan dunia perbankan maka Kamis BI Maluku memfasilitasi untuk melaksanakan sosialisasi.

"Jadi sosialisasi tentang Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor I Tahun 2017, dengan pesertanya perwakilan dari dunia perbankan di daerah ini dan juga nasabah yang hadir kurang lebih mencapai 100 orang peserta," kata dia.

Dia menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan sejak pagi hari dengan menghadirkan dua orang nara sumber dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon masing-masing I Wayan Putratenaya, Kepala Seksi Pengawasan dan konsultasi III, dan Reynhard Alfons Kepala Seksi Pengawasan konsultasi IV.

"Jadi mereka berdua menjelaskan tentang Perpu Nomor I tahun 2017 mengenai akses informasi sistim keuangan kepada nasabah dan perwakilan dari dunia perbankan di daerah ini," ujarnya.

Harapan kami, lanjutnya, semoga pemahaman para nasabah maupun di masing-masing bank semakin baik dan tidak ada lagi kekuatiran untuk menempatkan dananya di perbankan baik itu tabungan, deposito, atau giro.

"Jadi kalau sudah memahami harapan kami selanjutnya, yakni sumber dana di dunia perbankan ini kembali meningkat maka bisa digunakan untuk pelayanan kredit di Maluku sehingga pertumbuhan ekonomi di Maluku juga terus membaik," ujarnya.

Sumber : Tribun Maluku

BI : Dana Masyarakat Di Bank Semakin Menurun
 

Artikel Terkait

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday100
mod_vvisit_counterYesterday480
mod_vvisit_counterThis week2665
mod_vvisit_counterThis month8122
mod_vvisit_counterAll877654