Visi dan Misi PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 23 December 2011 09:28

Visi dan Misi DPMPTSP Tahun 2014 - 2019

Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Maluku, merupakan Badan yang diberi  kewenangan  dalam  rangka  memberikan  pelayanan  perizinan  di  bidang penanaman modal dan peningkatan investasi di Provinsi Maluku. Sesuai dengan Misi ke 2 (dua) Gubernur dan  Wakil Gubernur terpilih dan tugas pokok dan fungsi sebagai Instansi Penanaman modal di Provinsi maka Visi Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Maluku,  tahun 2014 – 2018 adalah :

“TERWUJUDNYA IKLIM PENANAMAN MODAL YANG BERDAYA SAING UNTUK MENDUKUNG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH MALUKU”

Pernyataan visi di atas mengandung dua kata kunci, yaitu “daya saing penanaman modal” dan “pertumbuhan ekonomi daerah”. Semangat peningkatan daya  saing  dan  kontribusi   bagi  pertumbuhan ekonomi  merupakan artikulasi dari pertimbangan-pertimbangan visioner untuk mendukung terwujudnya prioritas nasional dalam peningkatan iklim penanaman modal dan iklim usaha di Maluku sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) 2014 – 2019 Provinsi Maluku. Bahwa daya saing daerah, utamanya penanaman  modal  sampai  kini  masih  rendah,  dan  akan  menemui  berbagai tantangan internal serta persaingan lingkungan eksternal yang tendensinya kian menguat.

Sementara spirit pertumbuhan ekonomi dimaknai sebagai capaian kinerja ekonomi daerah yang   secara umum ditandai dengan peningkatan dan pemerataan penanaman modal serta peningkatan kontribusi penanaman modal terhadap pembentukan Product Domestic Bruto (PDB). Arah peningkatan kualitas perekonomian tersebut tentu saja bukan merupakan target yang hendak dicapai BPMD Provinsi Maluku secara  kelembagaan, melainkan cita-cita BPMD Provinsi Maluku untuk berperan lebih besar dalam menunjang tercapainya kualitas perekonomian daerah yang lebih baik. Dengan demikian, fokus prioritas BPMD Provinsi Maluku dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi serta program  dan  kegiatan  menurut  visi  di  atas  adalah  peningkatan  daya  saing penanaman modal. Salah satu ukuran daya saing daerah dalam kancah nasional adalah kemudahan berusaha .

Capaian kinerja daya saing bukan sepenuhnya berada dalam lingkup tugas dan fungsi BPMD Provinsi Maluku. Meski demikian, BPMD Provinsi Maluku mengambil sikap  proaktif untuk mengambil posisi terdepan dalam setiap program untuk meningkatkan daya saing penanaman modal. Setiap instansi dan Pemerintah Kabupaten/Kota mesti membuka diri akan  pentingnya berbagai indikator daya saing yang perlu secara bersama-sama diperbaiki.

Dalam mewujudkan visi Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Maluku diperlukan elaborasi yang lebih detail, konkret dan sistematis agar  cita-cita  tersebut  dapat  diterjemahkan  dalam  tataran  aplikatif.  Upaya  ini dilakukan melalui perumusan misi,  tujuan dan sasaran. Adapun misi merupakan penggambaran tujuan suatu organisasi dengan jelas  dan fokus terhadap sasaran yang ingin dicapai ke depan. Penajaman visi dalam Renstra 2014 -  2019 secara otomatis  menuntut  penajaman  pada  rumusan  misi  badan.  Sesuai  dengan  tugas pokok dan fungsi organisasi, misi Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Maluku dijabarkan menjadi 3 (tiga) elemen berikut :

  1. 1. Meningkatkan kualitas pelayanan penanaman modal.
  2. 2. Meningkatkan harmonisasi dan koordinasi di bidang penanaman modal;
  3. 3. Meningkatkan dan memeratakan penanaman modal;

Penjelasan Misi :

Misi merupakan  langkah utama sesuai  dengan  tugas pokok dan fungsi Badan Penanaman  Modal Daerah Provinsi Maluku. Karena itu, ada 3 (tiga) Misi atau langkah utama yang  kesemuanya dimaksudkan  untuk mencapai  Visi Badan  Penanaman  Modal  Daerah Provinsi Maluku.  Ketiga  butir  Misi  tersebut menggambarkan dan menjelaskan peran dan usaha yang  akan dilakukan oleh BPMD dalam rangka mewujudkan Visi.

Misi  pertama terkait  dengan  peningkatan  kualitas  dalam  hal pelayanan  baik perizinan   maupun   non  perizinan  dibidang  Penanaman  Modal  dalam rangka meningkatkan realisasi nilai  investasi.

Misi kedua terkait dengan upaya organisasi dalam menjaga harmonisasi dan koordinasi di bidang  penanaman  modal  dalam  rangka  menjaga keberlangsungan usaha / investasi yang telah dilakukan dan memberikan rasa nyaman bagi investor yang telah menanamkan  modalnya.

Misi ketiga membawa  pesan  peningkatan  penanaman  modal  yang dibarengi  dengan pemerataan secara sektoral dan kewilayahan, serta dengan tidak mengesampingkan pentingnya penciptaan nilai tambah ekonomi yang tinggi untuk mendukung perekonomian.

Visi dan Misi
Last Updated on Monday, 12 June 2017 02:42
 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday52
mod_vvisit_counterYesterday349
mod_vvisit_counterThis week1282
mod_vvisit_counterThis month9521
mod_vvisit_counterAll866458