Infrastruktur Perikanan Kota Tual PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 13 March 2012 01:41

Armada Penangkapan dan alat Penangkapan

Jumlah armada penangkapan ikan di Kota Tual Tahun 2007 yakni berjumlah 1.385 Unit, yaitu perahu tanpa motor (PTM) sebanyak 999 unit, motor tempel sebanyak 205 unit dan kapal motor sebanyak 181. Sementara jumlah kapal pada Pelabuhan Perikanan pada tahun 2007 yang terdiri dari 211 kapal penangkap dan 27 kapal pengangkut dengan jenis alat tangkap adalah fish net dan gill net.

Jenis dan jumlah alat penangkapan di Kota Tual masih sangat tradisional dengan jumlah yang masih terbatas seperti : jaring insang, jaring angkat, pukat udang, pukat ikan, alat pengumpul teripang, pancing lainnya, alat pengumpul kerang, alat pengumpul rumput laut, bubu dan lain-lain.

Alat tangkap yang umum digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan karang adalah: bubu, hand line, rawai dasar, gill net dasar, sero karang, dan panah.  Sedangkan alat tangkap yang digunakan untuk menangkap ikan pelagis, umumnya ikan pelagis kecil adalah jenis floating lift net atau bagan.  Hasil tangkapan utama yang dihasilkan adalah jenis-jenis teri (Stolephorus sp) dan jenis tembang (Sardinella sp).


Fasilitas Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Perikanan dan Pelabuhan Perikanan Nusantara

Dalam upaya meningkatkan daya saing, peran Laboratorium Mutu Hasil Perikanan dan Pelabuhan Perikanan Nusantara sangat penting dalam hal memfasilitasi pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan, mendukung kelancaran investasi di daerah, mempermudah perijinan, penyediaan prasarana penghubung yang layak dan terpelihara, serta kebijakan yang berorientasi mendukung terciptanya iklim usaha yang kondusif.

 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday243
mod_vvisit_counterYesterday388
mod_vvisit_counterThis week1083
mod_vvisit_counterThis month11624
mod_vvisit_counterAll868561