Gambaran Umum Kabupaten Buru PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 23 July 2012 00:58
Multithumb found errors on this page:

There was a problem loading image /home/sloki/user/t10019/sites/bkpmd-maluku.com/www/images/stories/peta/peta buru.jpg

peta%20buru.jpg

 

Kabupaten Buru merupakan salah satu bagian dari Provinsi Maluku yang dimekarkan sejak bulan Oktober Tahun 1999 dan mengalami pemekaran lagi menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan pada tahun 2008. Dalam Rencana Struktur Tata Ruang Provinsi (RSTRP) Maluku, Kabupaten Buru telah ditetapkan sebagai kawasan Prioritas, yakni Merupakan Kawasan Tumbuh Cepat berbasis pertanian. Good Will Pemerintah Provinsi Maluku ini didukung dengan potensi sumberdaya alam Kabupaten Buru yang cukup besar sehingga diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonomi wilayah ini.
Letak Kabupaten Buru sangat strategis dalam menjembatani provinsi-provinsi lain dengan provinsi Maluku dengan 3 (tiga) pintu keluar utama yakni Kota Namlea dengan akses Ke Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara, Teluk Bara dengan akses ke Kepulauan Sula (Provinsi Maluku Utara), Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan serta Illath dengan akses ke Kabupaten Buru Selatan dan Kota Ambon.
Dalam hubungannya dengan perkembangan kawasan yang lebih luas, Kabupaten Buru juga memiliki keuntungan sebagai titik strategis bagi pertemuan beberapa jalur pelayaran Internasional. Dengan dibukanya jalur Sea Line III  maka Kabupaten Buru berada dilokasi yang sangat strategis khususnya untuk dijadikan titik singgah bagi kapal-kapal internasional yang melalui jalur tersebut. Peluang ini dapat dimanfaatkan guna memasarkan hasil-hasil produksi yang ada di Kabupaten Buru serta menerima perkembangan teknologi dari luar.

Dengan ditetapkannya Kabupaten Buru sebagai Lumbung Pangan Kawasan Timur Indonesia di Provinsi Maluku sangatlah beralasan untuk dijadikan stater poin dalam memacu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Maluku. Hal ini karena selain Kabupaten Buru memiliki potensi lahan yang cukup luas juga memiliki letak yang sangat strategis dalam menghubungkan provinsi maluku dengan wilayah-wilayah sekitarnya baik secara eksternal maupun internal.
Mensikapi kondisi ini maka sangatlah diharapkan untuk segera membangun dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Diantara berbagai kebutuhan yang sangat urgen dalam meningkatkan dalam meningkatkan investasi adalah pembangunan Dermaga Namlea, sarana jalan yang menghubungkan Kota Kabupaten dan Kota Kecamatan maupun Desa.


I. KONDISI GEOFISIK
A. Geografis
Secara geografis, Kabupaten Buru memiliki luas wilayah 7.594,92 Km² secara astronomis, Kabupaten Buru terletak pada koordinat :
i.    Bujur Timur     : 121021’  -  125021’ BT
ii.    Lintang Selatan     :  2025’  -  3055’ LS
Secara administratif Kabupaten Buru berbatasan dengan :
-    Sebelah Utara    : Laut Seram
-    Sebelah Timur    : Selat Manipa
-    Sebelah Barat dan Selatan    : Kabupaten Buru Selatan

B. Topografi
Kabupaten Buru didominasi oleh kawasan pegunungan dengan elevasi rendah berlereng agak curam dengan kemiringan lereng > 40% yang meliputi luas 15,43% dari keseluruhan luas daerah ini. Jenis kelerengan lain yang mendominasi kawasan ini adalah elevasi rendah berlereng bergelombang dan agak curam serta elevasi sedang berlereng bergelombang dan agak curam dengan penyebaran lereng di bagian Utara dan Barat. Sedangkan di bagian Timur terutama di sekitar Sungai Waeapo merupakan daerah elevasi rendah dengan jenis lereng landai sampai agak curam.

C. Hidrologi
Secara umum, ditemukan dua pola drainase permukaan yaitu Pola Anastomatik pada bentang alam dataran termasuk kawasan dekat pantai dan Pola Dendritik pada bentangalam perbukitan dan pegunungan.
Sungai yang ada di Kabupaten Buru terdiri dari sungai yang mengalir sepanjang tahun dan sungai periodik. Sungai periodik di Kabupaten Buru ini cukup banyak dan relatif cukup panjang. Sungai besar yang mengalir sepanjang tahun diantaranya Waeapo, Waegeren dan Waenibe. Keadaan sungai-sungai tersebut sering juga mengalami penurunan debit air secara drastis pada musim kemarau.

D. Klimatologi
Iklim yang berlaku di Kabupaten Buru yaitu low tropis dan iklim musim yang dipengaruhi oleh angin musim serta berhubungan erat dengan lautan yang mengelilinginya. Selain itu luas daratan yang berbeda-beda memungkinkan berlakunya iklim musim. Ciri umum dari curah hujan tahunan rata-rata sebagai berikut :
Buru bagian Utara (Namlea, Waplau, Air Buaya) : 1400 – 1800 mm/tahun
Buru bagian Tengah (Waeapo)    : 1800 – 2000 mm/tahun
Pada kawasan berelevasi lebih  dari 500 m dpl dengan rata-rata 3000 – 4000 mm/tahun berkaitan erat dengan perubahan ketinggian yang di mulai dari zona pesisir, yang selanjutnya dapat diikuti pada bagian berikut.  Sedangkan kondisi suhu rata-rata 26o C.

E. Vegetasi
Dengan keadaan iklim yang tropis dan cukup hangat sepanjang tahun, maka mendorong adanya pengembangan jenis vegetasi yang akhirnya menjadikan tumbuhan Kayu Putih sebagai tanaman primadona sebagai industri kecil masyarakat yang dapat menghasilkan pendapatan, selain tanaman padi dan tanaman perkebunan lainnya.  Sungai-sungai besar yang terletak pada dataran Waeapo merupakan sumber irigasi bagi pengembangan lahan basah (sawah).  Sedangkan jenis tanaman kehutanan yang terdapat di Kabupaten Buru adalah jenis Meranti, Kayu Besi, Jati, Rotan dan Damar.

II. KEPENDUDUKAN
Dibidang Kependudukan, Pada tahun 2008 jumlah penduduk di Kabupaten Buru sebanyak 106.648 jiwa tersebar di 5 Kecamatan, 51 desa dan 95 dusun.

Last Updated on Monday, 23 July 2012 01:10
 

Link Website

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini136
mod_vvisit_counterKemarin676
mod_vvisit_counterMinggu ini813
mod_vvisit_counterBulan ini16454
mod_vvisit_counterTotal792771

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday136
mod_vvisit_counterYesterday676
mod_vvisit_counterThis week813
mod_vvisit_counterThis month16454
mod_vvisit_counterAll792771