Mengganjal Perut dengan Si Manis dari Ambon
Written by Administrator   
Thursday, 23 February 2012 15:01

b_142_108_16777215_0___images_stories_minifp_wisata_kuliner_ambon.jpgSetiap daerah memiliki makanan khas masing-masing. Seperti layaknya daerah lain, di kota Ambon, berbagai hidangan manis menjadi makanan lezat yang wajib dicoba.

Layaknya di daerah lain, di kota Ambon Manise, kita bias menjumpai berbagai penganan khas daerah yang menggoyang lidah.

Salah satunya adalah kue sagu gula dan kue ampas terigu. Penganan manis ini merupakan salah satu resep pengganjal perut paling ampuh. Untuk proses pembuatannya sendiri, pertama sagu diayak sampai halus sesudah itu dicampur kelapa parut yang sudah ongseng. Lalu tambahkan garam halus.

Campur bahan hingga merata. Kemudian cetakan dibakar diatas kayu sampai berwarna merah, sesudah itu sagu siap dicetak di atas cetakkan sagu disebut juga porna.

Setelah cetak dibakar dan berwarna merah maka cetakan tersebut di lumuri sagu sesudah itu dibuat lubang baru setelah itu diberi gula merah yang sudah dihaluskan, lalu ditutup dengan plastik kemudian ditekan dengan triplek dan balok kecil.

5 menit kemudian kue sagu manis diangkat dari cetakannya. 1 cetakan porna ada 5 tempat sagu.

Sedangkan untuk kue ampas terigu, cara membuatnya juga tak sulit kok. Pertama-tama, tepung diayak sesudah itu dicampur dengan kelapa setengah tua yang sudah diparut.

Lalu tambahkan satu setengah gelas besar gula pasir, gula merah, mentega, dan kayu manis. Tambahkan garam dan pengembang secukupnya.

Campur semua bahan-bahan yang sudah disediakan menjadi satu dengan air kira-kira 3-4 gelas, sesudah diaduk, adonannya sampai mengembang baru adonannya di cetak ditempat roti.

Kue ampas terigu biasa dijual dengan harga Rp.2000,- per buah. Sedangkan untuk kue sagu gula dibandrol dengan harga Rp. 1000,- per buah. Murah meriah bukan?

Nah, jika anda mengunjungi kota Ambon, jangan lupa untuk mencicipi kue-kue tersebut. Selain di Ambon, penganan ini juga ada terkenal di Papua.

Mengganjal Perut dengan Si Manis dari Ambon
Last Updated on Wednesday, 11 April 2012 14:39
 

Artikel Terkait

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday611
mod_vvisit_counterYesterday857
mod_vvisit_counterThis week3080
mod_vvisit_counterThis month16856
mod_vvisit_counterAll850505