Potensi dan Keunikan Pulau Kisar
Written by Administrator   
Tuesday, 14 June 2016 01:05
Multithumb found errors on this page:

There was a problem loading image /home/sloki/user/t10019/sites/bkpmd-maluku.com/www/images/stories/berita/pes-ok.jpg

pes-ok.jpgPulau Kisar merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku, tepatnya

berada di wilayah Kecamatan Pulau-pulau Terselatan dengan pusat pemerintahan sekaligus Ibukotanya di Wonreli. Pulau Kisar memiliki luas kurang lebih 177,59 kilometer persegi. Bentuk pulau ini sangat unik, karena pantainya dibentengi oleh bukit-bukit karang dan bentuknya seperti wajan, beriklim tropis dan berlaku dua musim.

Kabupaten MBD pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia dikenal dengan nama “Onderafdeeling Zuid Wester Eilandon”.

Setelah berakhirnya Kolonial Belanda, daerah terpencil Barat Daya sangat terisolasi dan sering dikatakan sebagai daerah terlupakan (Forgotten Island).

Secara geografis, Kabupaten MBD memiliki enam pulau terluar, yakni Leti, Kisar, Marsela, Meiti Marang. Wetar dan Ustutun. Pulau-pulau ini merupakan sebagian dari 96 pulau terluar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Daerah ini dinominasi oleh iklim Muson dan dipengaruhi oleh Benua Asia dan benua Australia, dimana dari Desember-April dikenal dengan musim barat yang intensitas hujannya sangat tinggi dan angin yang kencang.


Sedangkan Mei-November dikenal dengan musim timur atau musim panas.Bahasa yang dipakai masyarakat, yaitu Bahasa Maher dan Bahasa Woirata.

Mayoritas penduduk Pulau Kisar beragama Kristen Protestan. Sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan sementara Kabupaten MBD, masyarakat Pulau Kisar terdiri atas beraneka ragam etnis dan budaya, namun tetap satu dalam semboyan “Kalwedo” untuk bergandengan tangan, bersama-sama membangun Kabupaten MBD, sehingga mampu menjadi daerah yang mandiri dalam persaingan global.

Pulau Kisar bisa dikatakan Pulau Permata yang penuh daya tarik. Pulau ini kaya akan warisan budaya dan potensi pariwisata yang harus dikembangkan, karena berpotensi menunjang pendapatan daerah Kabupaten MBD.

Panorama alam Pulau Kisar menarik untuk dikunjungi, terutama pantai dengan hamparan pasir putih dan laut yang jernih. Pulau Kisar juga memiliki padang rumput yang cukup luas, sehingga cocok untuk lahan peternakan.

Keunikan Pulau Kisar juga tampak pada keadaan alam yang dimiliki. Walaupun daerahnya tandus dan gersang, namun mampu memotivasi masyarakat untuk mandiri dalam menjalani kehidupan.

Sumber : Ambon Ekspres

Potensi dan Keunikan Pulau Kisar
 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday611
mod_vvisit_counterYesterday857
mod_vvisit_counterThis week3080
mod_vvisit_counterThis month16856
mod_vvisit_counterAll850505