Pemerintah Punya Peran Untuk Pertahankan Seni Budaya Lokal
Written by Administrator   
Tuesday, 09 June 2015 01:10
Multithumb found errors on this page:

There was a problem loading image /home/sloki/user/t10019/sites/bkpmd-maluku.com/www/images/stories/berita/kora kora.jpg

kora%20kora.jpgBUDAYA merupakan aset mahal dan berharga nilainya,sebagai identitas yang harus dipertahankan.

Salah satunya,dengan meningkatkan minat pemuda terhadap seni  budaya lokal.

“Pemerintah harus senantiasa menghidupkan dan mengembangkan seni budaya lokal agar tidak menghilang pada generasi mendatang,”saran Meldy, penggiat seni di Ambon, Kamis (28/5).

Cara yang dilakukan sederhana. Cukup  melakukan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan supaya seni budaya yang ada di daerah ini lestari dan terjaga dengan baik. Tidak terdegradasi pada generasi selanjutnya akibat deras pengaruh budaya luar.

Menurut Meldy, seni budaya lokal di Maluku juga merupakan potensi dan objek wisata yang bernilai ekonomis untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke suatu tempat. Karena itu, mesti dilestarikan secara berkesinambungan dari generasi ke generasi.

“Harus diakui, alam Maluku lebih indah dari Bali. Kalau Bali, menjadi salah satu daerah tujuan wisata berskala internasional bukan hanya karena keindahan panorama alam semata, tetapi juga disebabkan seni budaya yang dimiliki terjaga dengan sebaik-baiknya.Ini karena berkat kerja keras pemerintah setempat,”ujarnya.

Sebagai generasi muda, Meldy sangat mendukung upaya  pemerintah untuk mengembangan seni budaya lokal.Seperti yang dilakukan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon dengan menggelar  Festival Budaya Multi Etnik setiap tahun.

Kegiatan budaya seperti itu akan selalu mengingatkan dan mendorong generasi muda di Maluku dari berbagai ragam etnis yang ada untuk bahu membahu, bersatu padu kompak membangun  Maluku ke arah yang lebih baik.

“Melalui berbagai pagelaran Seni Budaya di Maluku, diharapkan nilai-nilai budaya lokal dapat dilestarikan, sekaligus dipromosikan dengan rasa bangga, terutama oleh generasi muda,”tutupnya.

Sumber : Ambon Ekspres

Pemerintah Punya Peran Untuk Pertahankan Seni Budaya Lokal
 

Artikel Terkait

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday98
mod_vvisit_counterYesterday480
mod_vvisit_counterThis week2663
mod_vvisit_counterThis month8120
mod_vvisit_counterAll877652