Pariwisata Maluku Terus Dilirik Wisatawan
Written by Administrator   
Tuesday, 05 May 2015 01:40
Multithumb found errors on this page:

There was a problem loading image /home/sloki/user/t10019/sites/bkpmd-maluku.com/www/images/stories/berita/Teluk Kota Ambon.jpg

Teluk%20Kota%20Ambon.jpgMALUKU memang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, bukan hanya oleh wisatawan lokal, namun juga para wisatawan asing.

Buktinya, sudah beberapa kapal asing yang singgah di Maluku dengan membawa ratusan turis untuk melihat keanekaragaman budaya dan destinasi wisata yang ada di daerah ini.

Emeli,salah satu wisatawan Turis asal Inggris kepada Ambon Ekspres saat mengunjungi Pantai Amahusu, belum lama ini, mengatakan, ada banyak spot atau lokasi kunjungan wisata di Kota Ambon, yang dianggap layak didatangi para wisatawan. Terdiri dari wisata pantai maupun untuk wisata bawah laut atau diving.

“Untuk spot diving, terdapat berbagai lokasi yang menjadi pilihan untuk dikunjungi. Misalnya, Pulau Ora, Pulau Pombo, Pulau Osi , dan juga pantai-pantai cantik seperti Pantai Liang, Pantai Namalatu, Pantai Hukurila dan Pantai Namasua di Desa Naku serta lokasi-lokasi wisata lain yang ada di Maluku,”ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, pelaksanaan acara Mangente Ambon, merupakan kesempatan yang baik untuk mengangkat citra daerah, terutama keindahan laut dan memperkenalkan keanekaragaman seni dan budaya serta  keragaman flora dan fauna.

“Apalagi, pariwisata di Ambon sebagian besar didominasi oleh keanekaragaman seni dan budaya serta keindahan pantai-pantai yang dimiliki.Tentu jika semakin diperlihatkan dan dipromosikan akan terus menambah jumlah wisatawan serta memajukan sektor pariwisata di Maluku,”katanya.

Dia juga berharap, keindahan serta kekayaan alam yang dimiliki bisa terus dijaga dan dikelola sebaik mungkin.
“Pemerintah diharapkan bisa terus mengoptimalkan wisata daerah, dan dapat melibatkan penduduk setempat dalam mengembangkan potensi wisata. Misalnya,untuk menjaga keasrian tempat wisata, dengan membersihkan sampah di area wisata,”katanya.

Di tempat yang sama, wisatawan lokal asal Magelang, Gerry Diju, mengatakan,di tiap daerah di Indonesia pasti punya potensi wisata. Sedikitnya ada 1 potensi wisata yang pasti bisa ‘dijual’ untuk menarik wisatawan.
“Setiap daerah memiliki berbagai potensi wisata. Apalagi di Maluku yang diketahui banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan. Kalau potensi wisata yang dikelola dengan optimal, tentu sektor pariwisata Maluku akan berkembang pesat. Kunjungan wisatawan domestik, lebih-lebih wisatawan mancanegara akan semakin bertambah,”ujarnya.

Ditambahkan, bukan rahasia lagi kalau pariwisata bisa menjadi sektor yang cukup banyak menghasilkan untuk pendapatan daerah. Hampir di semua destinasi wisata bukan hanya di Maluku tapi di setiap daerah di Indonesia, dikenakan tiket masuk yang nominalnya disesuaikan dengan jenis wisata dan daerah dimana destinasi wisata itu berada. Namun, ada juga beberapa potensi wisata di daerah yang masih belum dikenakan tiket masuk.

“Saya pribadi sangat mendukung jika semua potensi wisata yang ada dikenakan tiket masuk. Asalkan, pengawasan pengelolaan penerimaan pendapatan dari tiket masuk tersebut dilakukan secara optimal,”ujarnya.

Gerry juga berharap, dengan adanya kerja sama dari pemerintah dan melibatkan penduduk setempat, diharapkan wisata di daerah tersebut bisa lebih cepat berkembang, karena tentunya para penduduk setempat akan lebih menjaga daerahnya untuk tetap bisa ramai dikunjungi para wisatawan.

Sumber : Ambon Ekspres

Pariwisata Maluku Terus Dilirik Wisatawan
 

Artikel Terkait

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday98
mod_vvisit_counterYesterday480
mod_vvisit_counterThis week2663
mod_vvisit_counterThis month8120
mod_vvisit_counterAll877652