Gubernur Tunggu Pengambilan Sampel Deposit Emas Romang
Written by Administrator   
Thursday, 30 March 2017 00:10

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_gubernur_said.jpgGubernur Maluku, Said Assagaff masih menunggu pengambilan sampel deposit emas di Pulau Romang, Kabupaten

Maluku Barat Daya (MBD) bersama tim inspektur tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

"Saya telah mengarahkan Sekda Maluku, Hambin Bin Thahir untuk meminta Kementerian ESDM menunjuk inspektur tambang yang nantinya dengan tim Unpatti Ambon agar ke pulau Romang mengambil sampel deposit emas secara bersama di sana sehingga tidak ada keberatan di kemudian hari," katanya dikonfirmasi, Rabu (29/3).

Tim bersama itu, lanjutnya, berdasarkan laporan Sekda dijadwalkan ke pulau Romang pada pekan ini.

"Jadi sampel deposit emas yang diambil bersama di pulau Romang itu setelah kembali di Ambon diserahkan kepada Gubernur, selanjutnya akan diteliti di laboratorium milik pemerintah sehingga tertanggung jawab pengujiannya," ujarnya.

Langkah ini, menindaklanjuti keberatan dari PT. Gemala Borneo Utama (GBU) yang memiliki kawasan penambangan emas di pulau Romang terhadap hasil penelitian tim Unpatti Ambon sehingga Gubernur memutuskan aktivitas sementara eksplorasi di sana sejak 16 Februari 2017.

Dia memastikan, hasil penelitian laboratorium milik pemerintah yang menjadi rujukan untuk memutuskan PT. GBU berhak melanjutkan eksplorasi ataukah diberhentikan aktivitas penambangan emas di pulau Romang secara total.

"Saya telah menginstruksikan Bupati MBD, Barnabas Orno agar aktivitas penambangan emas di pulau Romang diberhentikan sementara sambil menunggu hasil penelitian bersama tim Unpatti Ambon bersama inspektur tambang dari Kementerian ESDM sejak 16 Januari 2017," tandas Gubernur.

Dia mengemukakan, mempertimbangkan ketentuan Undang - Undang (UU) yang berlaku bahwa penutupan aktivitas pertambangan harus berdasarkan rekomendasi inspektur pertambangan.

Sebelumnya Gubernur memutuskan menghentikan sementara kegiatan penambangan emas di pulau Romang setelah menerima laporan tim peneliti Unpatti yang ditugasi untuk melakukan penelitian dan kajian ilmiah di pulau Romang, di mana sampel material yang diambil dari sana sudah diteliti di laboratorium Unhas, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Laporan tim Unpatti sudah mulai ada kegiatan eksploitasi tambang emas di pulau Romang, termasuk indikasi kerusakan lingkungan, sehingga keputusannya ditutup sementara guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan," katanya.

Dia mengemukakan, berdasarkan hasil uji laboratorium Unhas Makassar terhadap sampel tanah yang dibawa oleh tim Unpatti dari Pulau Romang, ternyata dalam satu ton material mengandung 0,8 gram emas.

"Masalah pertambangan emas di pulau Romang telah dibicarakan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya yang berkunjung ke Ambon bersama Presiden Jokowi saat perayaan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2017, " tegas Gubernur.

Sumber : Tribun Maluku

Gubernur Tunggu Pengambilan Sampel Deposit Emas Romang
 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday231
mod_vvisit_counterYesterday498
mod_vvisit_counterThis week1814
mod_vvisit_counterThis month14874
mod_vvisit_counterAll831704