Distan Maluku Targetkan Produksi 117 Ton GKG
Written by Administrator   
Friday, 03 February 2017 06:14

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_gabah-kering.jpgDinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Maluku menargetkan perolehan hasil produksi padi sawah sepanjang tahun 2017

sebanyak 117 ton Gabah Kering Giling (GKG). "Target 117 ton GKG ini akan didapatkan dari dari sawah seluas 12.000 hektar untuk dua kali musim tanam," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Maluku, Diana Padang di Ambon, Kamis (2/2).

Lahan sawah yang produktif ini terdapat di Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, (Pulau Seram) serta Kabupaten Buru.

Menurut Diana, saat ini sudah berlangsung musim tanam pertama dari Januari dan nantinya memasuki pertengahan tahun sudah dilakukan musim tanam kedua.

Sehingga pihak dinas merasa optimis dengan target produksi padi sawah sebanyak 117 ton GKG bisa terealisasi secara bertahap untuk dua musim tanam.

"Kami juga mengembangkan padi ladang pada daerah lain di Maluku seperti Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Kepulauan Aru, serta Kabupaten Buru Selatan," ujar Diana.

Sementara untuk pengembangan komoditi jagung, Dinas Pertanian dan Peternakan Maluku tahun ini menargetkan pengembangan areal seluas 40 ribu hektare.

Wilayah pengembangan jagung ini terdapat pada tiga kabupaten di Pulau Seram, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten MTB, serta Kabupaten Kepulauan Aru.

"Kalau komoditi jagung sekarang tidak ada lagi yang namanya impor untuk Indonesia sehingga pengembangan tanaman jagung ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bila ada kelebihan maka diambil industri untuk pembuatan pakan ternak," katanya.

Sumber : Tribun Maluku

Distan Maluku Targetkan Produksi 117 Ton GKG
 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday230
mod_vvisit_counterYesterday498
mod_vvisit_counterThis week1813
mod_vvisit_counterThis month14873
mod_vvisit_counterAll831703