Hasil SID, 1825 Ha Sawah Siap Dicetak Tahap Pertama
Written by Administrator   
Wednesday, 13 April 2016 02:13

Untuk tahun 2016 Provinsi Maluku mendapat jatah 3350 hektar areal sawah yang teralokasi di 4 kabupaten

yaitu Maluku Tengah seluas 1200 Ha, Buru 1000 Ha, Seram Bagian Timur 1000 Ha dan Buru Selatan 150 Ha. Sesuai pedoman teknis ada kerjasama antara Sidam Kodam XVI Pattimura dengan Dinas Pertanian Maluku untuk melaksanakan konstruksi kegiatan percetakan sawah tersebut dan untuk sementara kontrak kerjasama pertama yang sudah ditandatangani seluas 1825 hektar, teralokasi di Buru seluas 325 Ha, Maluku Tengah 700 Ha, Seram Bagian Timur 800 Ha.

Demikian penjelasan Ir. Hans Talahatu, M.Si Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Maluku kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya, Rabu (6/4/2016).

Menurut Talahatu, kontrak pertama seluas 1825 hektar itu karena Survey Identifikasi Design (SID) dan Dokumen Lingkungannya baru tersedia seluas itu, dan sisanya masih dalam proses itupun tergantung dari kesediaan petani karena lahan yang mau dicetak adalah lahan 2 milik petani setempat.

Selain kerjasama antara TNI dan Distan Maluku, pihak kabupaten punya peran penting dalam mempersiapkan petani dan lahan yang akan di cetak selauas 3350 hektar karena luas ini harus tersedia dalam tahun 2016 ini.

Khusus Pulau Buru karena terkendala status lahan maka Bupati dan Dandim setempat sudah melaksanakan sosialisasi kepada petani, sehingga SID dan dokumen lingkungan sementara dipersiapkan, sementara di Maluku Tengah terkendala soal jaringan irigasi karena lahan-lahan yang mau di cetak belum masuk dalam areal irigasi, karena itu Balai Wilayah Sungai dan Dinas PU Maluku yang bertanggungjawab terhadap hal ini.

Selain Maluku mendapat bantuan percetakan sawah baru seluas 3350 hektar, juga ada bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang jumlahnya cukup banyak, Pupuk dan Benih Padi yang dananya sudah ada.

Talahatu optimis, kerjasama dengan TNI yang selama ini terbangun dengan baik akan mampu merealisasikan bantuan Pemerintah Pusat kepada Provinsi Maluku.

Sumber : Tribun Maluku

Hasil SID, 1825 Ha Sawah Siap Dicetak Tahap Pertama
 

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday5
mod_vvisit_counterYesterday429
mod_vvisit_counterThis week2270
mod_vvisit_counterThis month10150
mod_vvisit_counterAll867087